07 Desember 2012

Sandi Instruksi Sang Komandan



Pasti ada yang nggak bener sama Minggu, 2 Desember 2012. Pagi itu, untuk beberapa detik sepertinya putaran sistem alam raya sedikit nggak stabil, atau mungkin struktur sosio-kultural masyarakat dunia lagi terganggu, atau bisa juga susunan tata aturan komunikasi antar manusia mengalami pergeseran. Padahal mataharinya masih terbit dari timur, sungai masih ngalir airnya, dedaunan basah berembun normal. Mamang tukang bubur tetap mangkal depan rumah sambil mukulin piring dengan sendok kayak hari-hari sebelumnya, pembelinya masih bayar pake uang, uangnya ya gitu-gitu aja. Bapak saya nelpon juga pake nomer yang biasanya, nggak sampe lewat telepon umum gara-gara takut disadap intelijen, yang ditanyain klasik: kabar, sarapan dan perkuliahan. Cuma mulai beda di bagian akhir, sekarang daftar pertanyaan beliau nambah, “Bisnis lancar?” | Assik! :)

“Sekien lagi rada sepi..” | “Sekarang sedang agak sepi..”

“Ai Gugun kah jare due usaha juga, wis berkembang jeh ya?” | “Kalo Gugun itu katanya punya usaha juga, udah berkembang ya?”

Gugun ini temen SMA saya yang suka dagang, dan kuliahnya programing.

“Iya, Gugun sih wis pinter dagang.” | “Iya, Gugun sih sudah pandai berdagang.”

Terus kami jadi ngobrolin usaha Si Gugun.

“Iku Gugun kuh usaha bareng demenane ya?” | “Itu Gugun tuh usaha bareng pacarnya ya?”

“Iya.” Jawab saya pendek.

“Adi kelas e? Boco SMA 1 juga?” | “Adik kelasnya? Anak SMA 1 juga?”

“Iya. Lha, Papah weru sing ndi?” | “ Iya. Lha, Papah tahu dari mana?” saya sedikit kaget.

Beliau malah tertawa.

“Ya iro ge mono, lamun pengen pandang-pandeng ya adi kelas tho, A’?” | “Ya kamu juga situ, kalo pengen nyari-nyari ya yang adik kelas, A’?”

Nah! Ini! Ini yang membuat saya yakin bahwa hari itu dunia lagi nggak beres. Bapak saya itu bukan tipe orang yang sewajarnya ngomong kayak gitu. Waktu dulu, saya usia SMA, pernah ada temen SD yang main ke rumah bawa ceweknya (pacar). Sepulangnya itu temen, beliau ngomong ke saya, “Bilangin ke temenmu, kalo main ke sini lagi nggak usah bawa-bawa pacarnya.” Dan saya yakin, ke kakak saya yang cowok, yang statusnya belum nikah pun beliau belum pernah ngomongin hal-hal beginian.

“Apa sih...” saya cuma bisa ngerespon gini sambil mengernyitkan dahi dan senyum bingung.

“Ta iro wis due sing seangkatan?” | “Atau kamu udah punya yang seangkatan?” tanya Bapak saya lebih lanjut, dan sedikit terdengar ibu saya cekikikan. Wah! Aneh... Ini bener-bener ada yang nggak bener.

“Yo sing seangkatan ge blipapo, A’” | “Ya yang seangkatan juga nggak apa-apa, A’” Bapak saya nambahin.

“....................” saya diam. Pembicaraan dilanjutkan dengan topik lain.

Setelah telepon ditutup, masih ada yang membuat saya yakin kalau hari itu dunia sedang nggak stabil. Beberapa menit kemudian datang kakak kelas saya di SMA, dia berkunjung karena ada kakak kelas saya yang lain. Kakak kelas saya yang lain itu maksudnya dia yang dari UI, Jakarta, sedang iseng-iseng silaturahim. Melepas kepenatan di tengah proses penulisan skripsi mungkin ^^v | Sial! Obrolan mereka nggak jauh-jauh dari masalah wanita dan pernikahan. Lama mereka ngobrol, saya cukup menyimak saja :) Sampai pun pada malam harinya, kok bisa dua puluh dua baris di time-line twitter membicarakan masalah pernikahan? Itu 22 baris dari beberapa orang yang berbeda! Apa-apaan?!

Oh, kenapa kalian begitu banyak menjejali saya dengan masalah yang saya belum mampu meni’matinya? :) Kalem.


Bandung, 06 Desember 2012

0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu di sini..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More