13 November 2011

Gawat! Tidak Mungkin Saya Bisa Pacaran

Awalnya kecewa saat tidak ada seorang pun teman yang sedang dalam status berpacaran memberi respon terhadap tulisan saya yang sebelumnya, KBBI Tak Mampu Memberi Tahuku Perihal Berpacaran. Ada beberapa yang memberi komentar, namun tidak pada pokok persoalan. Ada yang mengajukan pendapatnya mengenai pokok persoalan, tapi mereka bukan pelaku berpacaran, bahkan sepertinya tidak pernah berpacaran. Makanya saya kurang sedikit percaya. Yang saya butuhkan adalah argumen dari pelakunya langsung, agar informasi yang saya peroleh berimbang.

Satu-tiga hari saya menunggu mereka yang berstatus pacaran memberi tanggapan, tetap tidak ada. Akhirnya saya ambil kebijakan untuk memancing mereka, atau lebih tepatnya sedikit “memaksa”, untuk berbicara.

Berhasil! Satu orang terpancing. Tapi sayang, komentarnya masih kurang ngena. Satu orang lagi mengikuti, tanggapannya mulai nyentuh pokok persoalan.
Pasangan tak akan bertahan lama klo tak ada rasa persahabatan d dalamnya.
Persahabatan tdk bsa dsebut pacaran. Pacaran itu pasti persahabatan.

Tapi sekali lagi sangat disayangkan, tanggapannya belum cukup menjelaskan tentang pacaran secara total. Saat kuajukan pertanyaan lanjutan, “Jadi bedanya pacaran ma persahabatan apa? apa yang gak ditemuin di persahabatan tapi bisa ditemuin di pacaran? Ia tak menjawab. Setelah itu tidak ada lagi yang memberi tanggapan. Putus sudah harapan untuk menguak ketidak-pahaman saya terhadap masalah berpacaran ini.

Sekitar dua hari setelahnya, saat sudah tidak peduli lagi dengan masalah ini, saya berpapasan dengan seorang teman di kampus. Dia adalah salah satu pelaku berpacaran yang saya pancing untuk ngomong. Dia mencegatku, “Mad! Mmm.. Tentang pacaran itu...” Dia sedikit berpikir, seperti ada yang membuatnya ragu. “Oh iya, kenapa?” kutimpali dia, sambil diam-diam dalam hati nyimpen perasaan seneng, “Assik! Akhirnya ada yang mau ngomong juga! Dan kayaknya serius.”

“Mmm..” ia melanjutkan dengan masih ragu-ragu, “Entar aja deh! Saya komen langsung ke note kamu...” Sekali lagi saya dikecewakan. Tapi tidak apa-apa, karena tampak serius, saya yakin dia bakal ngasih komentar. “Oke, siap! Saya tunggu komentarnya.”

Malamnya saya buka facebook, tidak ada pemberi-tahuan mengenai komentar baru di note saya. Baru esok paginya ada pesan baru di inbox dengan subyek “Komen Note” atas nama teman yang kemarin mencegat saya. Saya buka pesannya, kira-kira isinya seperti ini:
Mad ini komen aq ttg note km,,
Mnurut aq, kondisi yg km ceritakan d note itu adlh slah stu kondisi yg trjadi dlm hbungan yg biasa dsbut "pacaran". Pacran ada yg trjadi dri niat si cowo ato si cwe utk memulai pdkt, ada jg yg trjadi krna stelah lama knal, nyaman kmudian jadian, ada jg yg cuma buat status, ada yg skedar pelarian,, ada yg berniat utk ke jenjang prnikahan dn msh bnyak lg kondisi yg sbnernya brmacam2 nmun bsa d sbut pcran,, trmasuk kondisi yg km critain, mgkin tdk pacran mnurut km. tp ada org lain yg serupa dgn km tdk ada pross pnembakan nmun kemudian mreka mrasa smkin dekat shingga wlopun tanpa proses "nembak" mrka sdh mrasa pcran, itu trgantung gmna kdua blah phak mgganggap hbungan yg mreka jalani. Nah, klo soal arti KBBI yg mnyebutkan arti pcran itu demikian, dn ada yg mnjalani pacaran dgn tanpa kasih sayang, itu brarti org trsbut hnya mgejar "status". Sdgkan kata pacar itu sndiri bsa diartikan dlm KBBI sprti itu krna porsi awalnya pacaran itu adlah hbungan yg d dsari atas kasih sayang,,Nah d stu km jg smpat bgung apakah rasa kagum dia sma dgn rsa kagum km, d situ lah knpa org memilih pacaran dg proses "nembak", utk tahu apkah mereka pnya prasaan yg sma, tp klo ttp ingin sprti itu ya gpp, setiap org pnya cra nya msing2 utk mnjaga kemistri,,
Di bawahnya tertera:
Komentar cwe yg pnya pacar, hahahahaha :p

Beneran serius euy! Cukup menarik, dia banyak ngasih tau latar belakang orang-orang berpacaran. Saya balas pesannya:
asseeeekk..~! klo kamu sndri trmsuk kndisi yg mana? ltar blakang pacarannya apa?

Setelah beberapa waktu, jawabannya muncul di hape saya:
Blsannya g lewat fb ya, fb aq g dilog-out d kompi dia hehe

Di luar cerita, saya gak paham dengan kalimat ini. Apa hubungannya fb dia yang gak di-logout di komputer pacarnya dengan balasan pesannya yang lewat SMS? :)
Klo alasan aq pcaran selama ini, krna pngen tau karakter org lbh dlem lg, dn yg psti krna nyaman,, Dan klo soal sayang itu, aq sndiri g bsa jelasin kya gmna, yg psti sih ada rsa peduli. pduli klo dia skit, pduli klo dia bt, pduli klo dia ada msalah dll lah,, Dan sbg cwe trkadang perhatian itu dprlukan, wlopun aq bsa g mkirin hal itu slma 2 thn lebih mlih single, *curhat* haha

Cuma ya intinya, bnyak sih yg bsa dilakuin, bsa tuker pikiran, kta pnya org yg bsa lebih kta prhatiin dn mmperhatikan kta, hehehehe
Tapi basic-nya krna nyaman dan peduli mad.

Assik sekali teman saya yang satu ini! Orangnya terbuka, makanya saya beranikan diri nanya kayak gini:
org pcarn g nemuin knyamanan d dlm klrga y? smpe msti nyari d luar.
jd, syang tu pduli? apa bda’y pduli org pcarn ma pdulinya tman biasa/kluarga?
brarti org pcarn tu org yg kurang dprhatiin lngkungannya y, baik klrga/tmn?
Sebenarnya saya sempet ragu mau nanya gitu, takut tersinggung atau gimana. SMS saya tak kunjung dibalas, dan saya pun ragu bakal dibalas. Celaka!

Benar saja, setelah sekian lama datang SMS balasan yang isinya bernada ketidak-nyamanan.
Persepsi kta beda mad,, :)
Aq tau apa yg km mksud, dn aq hargai persepsi km
Dan satu hal, kasih sayang dri kluarga aq g pernah sdikitpun trasa kurang. Alhamdulillah,, :)

Dengan perasaan bersalah saya bales:
owh,.oke sip! alhmdlillah,.syukurlah.. brarti dugaan sya slah.
kmbli k mslah awal, jd pcarn tu buat apa? klo trnyata smua yg km sbutin d sms sblumnya dah km dpet dr kluarga/tman?

Untuk kali ini pertanyaan saya benar-benar tidak dijawab. Pupus lagi harapan saya untuk memperoleh kejelasan mengenai pacaran. KBBI tak mampu memberinya, begitupun dia yang berpacaran. Lalu harus kemana saya mencari penjelasan tentang masalah pacaran ini? Bertanya pada rumput yang bergoyang? Atau coba bertanya pada langit tua? Ah, sepertinya mereka tidak peduli dengan masalah seremeh ini. Saya saja yang kurang kerjaan.

Sampai akhirnya dengan sangat terpaksa saya bikin hipotesis secara sepihak bahwa tujuan orang berpacaran adalah untuk mengetahui hubungan suami-istri sejak dini. Seperti pasangan siswa/i SMA berboncengan motor yang saya lihat kemarin. Sepertinya asik sekali, tangan si cewek melingkar memeluk pinggul cowok-nya dan dagunya diletakkan ke pundak si cowok. Mesranya aduhai! Ditambah rintik-rintik gerimis membuat suasana semakin romantis. Seolah-olah mereka bersekongkol dengan alam untuk mengejek saya yang tidak pernah merasakan sensasi suasana kayak gitu.

Dan kalau hipotesis saya benar, maka sudah tidak ada kemungkinan bagi saya untuk dapat berpacaran. Gawat! Ketidak-pahaman saya tentang masalah pacaran ini mungkin saja jangka panjangnya akan berakibat pada kebutaan pada masalah-masalah pernikahan dan konflik-konflik dalam rumah tangga. Saya tidak bermaksud ngomong kalo pacaran itu isinya melulu masalah dan konflik lho!

Tapi tidak apa-apa, saya pertaruhkan pernikahan saya dengan tidak berpacaran saat ini. Pacarannya sekalian dalam berumah-tangga aja, kayaknya lebih seru. Saya terlalu takut melakukan aktivitas macam itu sekarang. Disentuh cewek sedikit aja saya ngrasa nggak nyaman. Ada rasa-rasa makseeeerrr...~ gimanaaa gitu! Entah kenapa dan dari mana perasaan itu muncul. Mungkin gara-gara sejak kecil saya dididik dalam keluarga yang bener-bener memperhatikan dasar agama kali ya? Kata Nabi yang nyampein agama saya, lebih baik menggenggam bara api dari pada megang cewek yang bukan mahram.

Tapi setelah diingat-ingat, pasangan berboncengan motor yang kemarin ternyata seagama dengan saya, tampak dari tutup kepala yang si cewek kenakan. Saya yakin mereka juga tau kata-kata Nabi tersebut. Maka muncul pertanyaan, apa yang membuat saya merasa takut? Atau apa yang membuat mereka tidak merasa takut?

Masa bodo teuing lah! Rumput bergoyang ataupun langit tua saja tidak peduli. WaaLlahu’alam bish-shawab.


Bandung, 13 November 2011

1 comments:

Subhanallah..... Like this....

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu di sini..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More